Sekilas Tentang Mesin Motor Suzuki Inazuma 250

18/10/12 | comments (1)

Sekilas Tentang Mesin Motor Suzuki Inazuma 250 yang merupakan motor sport yang memiliki julukan Baby B-King. Motor ini menggendong mesin 248 cc, SOHC dengan 2 silinder dan liquid cooled, mesin yang dikawinkan dengan transmisi 6-speed tersebut mampu menampilkan rasio kompresi mencapai 11,5:1.

Suzuki Inazuma merupakan flagship model sekaligus touring model. Sebagai flagship model, Inazuma memiliki cita rasa premium yang memberikan kepuasan tersendiri bagi pemiliknya, bersamaan dengan itu Inazuma memiliki performa prima untuk touring sehingga mudah dioperasikan.

mesin-inazuma

Dan Inazuma, dikatakan Regional Office Head PT Suzuki Indomobil Sales Aceng Ulumudin juga merupakan produk kebanggaan yang dapat mengcover semua level pengendara serta berbagai jenis keperluan.

Mesin Inazuma, lanjutnya, dirancang dengan tujuan 'Smooth and Gently'. Pengoperasian buka tutup gas disesuaikan dengan kondisi jalan perkotaan dimana karakternya tetap smooth dan bertenaga di putaran mesin rendah, dan menengah sehingga mudah dioperasikan dan tenaganya gently untuk mobilitas sehari-hari.

Mesin Inazuma ini menurut Aceng dirancang untuk mencapai tujuan 'Smooth and Gently' tersebut. "Karakter unik yang dimiliki Inazuma terwujud karena kombinasi dua silinder segaris serta long stroke," lugasnya.

Lebih lanjut Aceng menjelaskan kalau mesin Inazuma ini menggunakan dua silinder dan crank shaft sudut 180 derajat.

Dengan gerakkan dua piston yang saling berlawanan ke atas dan bawah, Suzuki mengklaim kalau sistem ini lebih efektif menghilangkan getaran primer masing-masing piston.

Pada mesin dua silinder yang lain ada yang bersudut 270 dan 360 derajat. Akan tetapi getaran paling kecil adalah sudut 180 derajat.

"Walaupun demikian, masih ada gerakan pelintir yang merupakan ciri khas mesin dua silinder," tambahnya.

"Untuk mengatasi getaran akibat gerakan pelintir tersebut, mesin ini dilengkapi engine balancer di bagian depan crank shaft. Dengan mengadopsi balancer ini, getaran rendah berhasil diwujudkan dengan kualitas yang sama dengan mesin empat silinder," paparnya lagi.

Selanjutnya, Aceng menjelaskan kalau tipe mesin ini adalah long stroke dengan bore 53,5 mm dan stroke 55,2 mm yang merupakan over stroke engine.

Dengan perbandingan bore X stroke seperti itu, torsi yang dihasilkan cukup besar dan konsumsi bahan bakar stabil pada putaran rendah atau buka tutup gas.

"Misalnya, pada gigi perseneling tinggi di kecepatan rendah, mesin pun mampu menghasilkan tenaga untuk berputar secara smooth," imbuh Aceng.

Dan dengan kombinasi dua silinder 180 derajat crank shaft dan long stroke ini, mesin pun mampu mencapai tenaga yang cukup besar yang halus tanpa getaran. Tanpa mechanical noise dan tanpa tersendat-sendat.

"Akselerasinya sangat halus. Torsi pada putaran mesin rendah, menengah tetap dipertahankan untuk memberikan feeling berkendara sepeda motor mesin bakar," katanya.

Kemudian dengan pendingin cairan, Suzuki mengatakan kalau mereka berhasil mendapatkan torsi pada kecepatan rendah dan suara mesin yang halus. Transmisi 6-speed menggunakan gigi rasio yang dirancang secara spesial untuk kemudahan berkendara sehari-hari.

"Terakhir kami berusaha keras dalam mengembangkan sistem FI. ECM sebagai otak sistem menggunakan 32 bit, sama dengan yang dipakai dengan yang dipakai GSX-R series. Fuel injection yang dimiliki motor ini juga menggunakan 8 micro hole tipe yang juga sama dengan GSX-R series," ujarnya.

Selanjutnya, nafas GSX-R series juga bisa dirasakan di mesin ini karena soft setting mesin ini dikerjakan langsung oleh orang yang sama yang mengerjakan mesin GSX-R series.

Sebagai hasilnya, diperolehlah engine feeling yang smooth di segala putaran mesin baik rendah dan tinggi.

"Kami yakin sensasi berkendara ini dapat dirasakan oleh pemula maupun yang sudah berpengalaman. Dalam pengembangan sistem FI, kami memiliki pengalaman dan jam terbang tinggi, hampir semuanya bertujuan demi kemudahan berkendara. Teknologi yang dimiliki Suzuki tidak kalah dengan pabrikan lain dalam hal pengembangan respons gas di semua kapasitas mesin sepeda motor," jelasnya lagi.

suzuki-inazuma-250-black

Aceng juga mengatakan kalau model ini dirancang untuk dipasarkan secara global dan karenanya pengembangan dilakukan tidak hanya di Jepang dan Eropa, melainkan di negara yang memiliki cuaca ekstrem.

Tes dijalankan pada kondisi suhu di bawah minus 20 derajat. Sebaliknya, ada juga kondisi suhu di atas 40 derajat yang berlangsung setiap hari.

Tidak luput pula tes di dataran tinggi maupun daerah yang menjual bensin kualitas rendah dan juga tes di daerah yang belum pernah menjual sepeda motor 250 cc sehingga tidak ada fasilitas service dan sparepart.

"Semua tes tersebut telah lulus dilalui dan hasilnya didapat mesin yang unggul di segala cuaca dan medan," tambahnya.

"Pengembangan model ini dilakukan untuk mendapatkan karakter seperti yang sudah dijelaskan barusan. Spesifikasi pun ditentukan satu per satu demi karakter ini. Demi itu pula Gently Mechanism diadopsi," katanya.

"Akan tetapi kami tidak mengorbankan fitur dengan alasan untuk mengurangi cost. Karena prioritas model ini bukanlah cost. Semuanya demi Gently Mechanism yang merupakan karakter model ini," tuntasnya-majalahotomotif.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright ©. Kumpulan Gambar Menarik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger