Modifikasi Off-road - ISUZU TROOPER 1984

08/03/12 | comments

Modifikasi Mobil Off-road - ISUZU TROOPER 1984 yang bermula dari pertengahan 2007, ketika Anditya Rahadian ‘tercebur’ masuk milis KTI. Meski belum punya Trooper, Andit demikian pria ini akrab dipanggil, tetap serius mengikuti arus gosip yang ada di milis ini.
ISUZU+TROOPER+1984-1.jpg
Setelah 2 tahun berlalu, barulah pria yang tinggal di Sentul Selatan ini berhasil memboyong 1 buah Trooper. Uniknya Anditya langsung mengobrak-abrik Trooper ini dengan tambahan berbagai Aksesori. “Saya hanya berusaha mengubah image, bahwa Trooper yang identik dengan mobil bapak-bapak, bisa dipakai oleh kaum muda menjadi Mobil Modifikasi Off-road.”

ISUZU+TROOPER+1984-2.jpg

Tahun 2009, Anditya memprakarsai terbentuknya KTI Capter Bogor. Dan ia pun ditunjuk jadi ketua pada waktu itu. “Beneran lo mas saya ditunjuk, bukan nunjuk sendiri.”

Sejak itulah ayah dua orang putra ini mulai menekuni hobi off-road bersama Trooper. Mulai aktif diberbagai kegiatan dan event-event kompetisi. Maka iapun lalu membeli Trooper lagi khusus untuk off-road yang lebih advance treknya. “Sayang kalau Trooper Silver (sebutan Trooper pertamanya) dipakai off-road berat.”

Sekarang ada 2 senjata utama setiap pertemuan dengan anggota KTI. Kalau sekadar gathering dan Kopdar, cukup pakai yang silver. Tetapi kalau mau off-road berat, “Saya ganti pake Tropper Short biru ini.”

Setelah benar-benar kejebur di KTI, Anditya pun mulai mengenal off-road kompetisi. Kagiatan pertama yang diikutinya adalah event buatan Klub Bandung. Namun seiring keseriusannya, maka Anditya berencana membangun satu Trooper lagi. Akhirnya diputuskan untuk membeli satu Trooper lagi yang memang khusus untuk off-road, “Karena Trooper yang Silver, sayang banget kalau diturunin di trek.”

ISUZU+TROOPER+1984-3.jpg

Dibelilah Trooper Short tahun 1984. Lucunya, Trooper ini didapat dari browsing melalui internet, tanpa melihat detil sebelumnya. Ternyata kondisinya memang hancur banget, he..he..he. Pelajaran buat seluruh JipMania nih, “Teliti sebelum membeli!”

ISUZU+TROOPER+1984-4.jpg

Tapi karena memang mau diobrak-abrik ya enggak masalah. Konsep awalnya hanya untuk turun di medan off-road ringan. Setelah beres kaki-kaki, saya coba ikut TIFOR di Borbolang. Pertama lancar, tetapi pas ketemu ketemu handicap berat, Trooper langsung ‘bubar jalan’. Agar traksi ban tak pernah hilang di gardan depan-belakang dipasangi pula Air Locker ARB. Perubahan suspensi asli jadi coilovershock membawa konsekuensi mengubah sistem suspensinya juga. Ada penambahan link arm bawaan Hilux untuk mengatur pergerakan gardan

ISUZU+TROOPER+1984-5.jpg

ISUZU+TROOPER+1984-6.jpg

ISUZU+TROOPER+1984-7.jpg

“Akhirnya kena racun juga saya mas. Aditya pun bilang, “Saya enggak mau pake mesin 4JB1-T Isuzu Bighorn), pakai yang beda ah!”

Pria inipun pernah berpikir untuk memasang mesin Cherokee atau mesin Toyota Supra 2JZ. Sayang setting mesinnya cukup ribet karena harus bongkar firewall. Setelah mencari yang cocok, dipilihlah mesin Toyota 1KZ. Alasannya, tenaganya oke dan tidak berisik.

Pengalaman di TIFOR begitu membekas. Tak pengin kejadian terulang, Anditya langsung membongkar Trooper. Halfcut Toyota Hilux yang memakai mesin 1KZ plus girboks matic dibeli dan langsung diceploskan semuanya keTrooper. Mulai dari mesin, girboks, transfercase dan gardan.

ISUZU+TROOPER+1984-8.jpg

ISUZU+TROOPER+1984-9.jpg

Mesin diesel Toyota 1KZ berkapasitas 3.000 ini bikinTrooper Anditya gampang dikenali di antara anggota KTI. “Karena berbeda.”

Enggak mau ribet dengan settingan gardan, iapun mengaplikasikan gardan Hilux (depan-belakang) menggantikan kaki-kaki Trooper bawaan pabrik. Final gir terpasang 7: 37.

ISUZU+TROOPER+1984-10.jpg

ISUZU+TROOPER+1984-11.jpg

Dendam gagal melahap handicap, Anditya nekat memasang King Coiloveshock lengkap dengan bumstopnya. Depan belakang dipasang bumper lokal buata ARJ. Dipasang tak sekadar menempel, namun dibaut erat ke sasis sekaligus jadi dudukan winch Warn 8275 M50

ISUZU+TROOPER+1984-12.jpg

Jok dipasang Summit plus RaceQuip safetybelt 5 titik. Agar memiliki bantalan lumayan empuk ditambahkan sarung kulit membungkus jok Summit.

ISUZU+TROOPER+1984-13.jpg

Besi seamless melindungi Trooper dari dalam. Terintegrasi kuat karena ditanam menyatu dengan sasis.

ISUZU+TROOPER+1984-14.jpg

Pelek Modular berpasangan dengan Simex Extreme Trekker 35x10,5-R15

ISUZU+TROOPER+1984-15.jpg

Dasbor asli Hilux lengkap dengan stirnya akhirnya bisa menggantikan dasbor dan stir bawaan pabrik

Spesifikasi Isuzu Trooper 1984
Mesin Toyota 1KZ
Kapasitas Mesin 3.000 cc
Konfigurasi Mesin 4 Silinder Segaris
Intercooler
Mitsubshi Storm
Engine cut off Maval
Girboks OEM Toyota Hilux Matik
Transfer case OEM Toyota Hilux
Gardan
OEM Toyota Hilux (depan-belakang)
Final Gear 7:37
Locker ARB Air Locker (depan-belakang)
Link Arm
OEM Toyota Hilux
Winch
Warn 8274-M50
Soksteer Tough Dog Suspension
Sokbreker
King Coilovershock
Bumpstop King USA
Bumper
Custom
Jok Summit
Safety Belt RaceQuip 5 Titik
Ban Simex Extreme Trekker 35x10,5-R15
Pelek
Modular
Bengkel Workshop, Pasirkuda, Bogor
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright ©. Kumpulan Gambar Menarik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger