Goodyear Perkenalkan Ban Anti-Kempis Model Terbaru

01/10/12 | comments (1)

Air Maintenance Technology (AMT) Goodyear Perkenalkan Ban Anti-Kempis Model Terbaru yang menggunakan sistem yang secara otomatis menjaga tekanan angin ban tanpa bantuan pompa tambahan maupun perangkat elektronik. Saat ini teknologi tersebut telah diperkenalkan di Jerman.

TAHUN lalu Goodyear telah mengembangkan ban berteknologi self-inflating yang mampu menjaga tekanan angin tetap pada kondisi optimal. Pasalnya seluruh komponen yang dibutuhkan untuk itu sudah ada di dalam ban itu sendiri.

Kunci dalam sistem ini adalah sebuah regulator internal yang dapat mendeteksi ketika tekanan udara menyusut di bawah tekanan yang ditentukan. Kemudian sistem akan membuka agar udara dari luar dapat masuk melalui tabung pompa.

Udara kemudian ditekan melalui tabung tersebut ke dalam katup inlet sehingga mengalir ke dalam rongga ban yang prinsip kerjanya memanfaatkan deformasi ban saat menggelinding di atas permukaan jalan.

Goodyear
Teknologi AMT Goodyear awalnya ditujukan untuk para operator armada kendaraan niaga, mengacu pada data American Trucking Association tahun 2008 yang menemukan bahwa truk dan trailer yang berhenti beroperasi, lebih dari separuhnya diakibatkan masalah pada ban.

Padahal itu akan sangat merugikan perusahaan angkutan tersebut akibat tidak beroperasinya salah satu bahkan lebih armada mereka. Akibat masalah ban yang terkait kurang angin juga membuat ban cepat rusak sehingga meningkatkan biaya operasional.

Dengan ban yang selalu dalam kondisi tekanan yang prima, membuat ban lebih awet tanpa perlu banyak penanganan perawatan serta meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan.

Goodyear memperkirakan bahwa setiap 10 psi tekanan yang hilang selaras dengan bertambahnya konsumsi bahan bakar sebanyak 1 persen setiap mil/galon-nya. Selain itu, ban dengan tekanan 10 persen di bawah ukuran normal mampu mengurangi usia ban hingga 16 persen.

Goodyear memperkenalkan ban berteknologi anti-kempis ini untuk kendaraan komersial pada pameran kendaraan komersial di Internationale Automobil-Ausstellung (IAA) Commercial Vehicle Show yang  berlangsung di Hanover Jerman hingga 27 September itu.-majalahotomotif
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright ©. Kumpulan Gambar Menarik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger