New Jupiter Mx Baru Dan Cara Perawatannya

27/09/12 | comments (1)

Majalah Otomotif untuk info New Jupiter Mx Baru Dan Cara Perawatannya. Motor Jupiter MX Keluaran terbaru ini memang tak memiliki perbedaan yang cukup besar dari produk terbaru Yahama Jupiter sebelumnya, Jupiter Z White. Perbedaan yang cukup mencolok hanya pada stripping dan logo unik Yamahanya. Yaitu, logo 3D. Jika Anda ingin mencari di mana logo 3D di Jupiter MX baru, Anda tinggal melihat di leg shield bagian kanan dan kiri. Mau jenis Jupiter MX barunya pakai kopling atau otomatis, logo 3D Jupiter MX barunya tetap sama.

new-zupiter-mx-2012


Dengan adanya logo 3D di Jupiter MX baru menunjukkan bahwa Yamaha selalu berusah membuat inovasi baru yang kerap menarik perhatian konsumen. Tentu saja tak hanya logo 3D yang membuat Jupiter MX baru yang dimunculkan Yamaha, konsep grafisnya juga. Konsep grafisnya sering disebut denga konsep grafis modern masa depan. Kenapa diklaim demikian? Jawabannya, lantaran ia tampil seperti mobil sport canggih dan model masa depan (futuristik).

Untuk melihat kecanggihan inovasi dari Jupiter MX baru ini perhatikan pada shieldnya. Yamaha meletakkan motif di leg shield Jupiter MX baru dengan bentuk serat kevlar. Jika Anda telusuri melalui internet, serat kevlar adalah eleman yang kerap dipakai oleh mobil-mobil bala Formula One dan MotoGp.

Untuk Jupiter MX baru yang otomatis, leg shieldnya hingga body belakangnya bersatu dengan logo MX yang mirip logam mulia platium. Inilah yang membuat Jupiter MX baru otomatis memiliki grafis yang harmonis.
Kombinasi Warna Jupiter MX Baru

Jupiter MX baru hadir dengan warna baru dan kombinasi yang tepat. Jika selama ini pada Jupiter MX sebelumnya ada warna emas, kini diganti dengan warna putih. Namun, warna hitam tetap menjadi warna utama di Jupiter MX baru. Untuk kombinasi warna hitam putih hanya terdapat di Jupiter MX baru manual, bukan otomatis. Selain itu, untuk Jupiter MX baru kopling ada juga warna merah-hitam, biru hitam, hijau hitam dan hitam total atau hitam solid.

Sedangkan untuk Jupiter MX baru otomatis, Yamaha sebagai produsennya hanya menyediakan tiga kombinasi warna. Tetap sebagai warna dasar adalah warna hitam. Warna yang dikombanasikan adalah meram, hijau dan biru. Dengan pengkombinasian warna tersebut, tak ayal membuat setiap mata tertarik untuk membelinya. Apalagi buat yang suka balap-balapan.

Jupiter MX baru memang didesain sebagai sepeda motor yang nyaman untuk dipakai dengan kecepatan yang tinggi. Maka wajar jika harga awal dipasarkannya sekitar 16 jutaan.
Spesifikasi Mesin Jupiter MX Baru Tak Mengalami Perubahan?

Apakah Anda kira mesin Jupiter MX baru mengalami perubahan? Jawabannya, tidak. spesifikasi Jupiter MX baru masih sama dengan Jupiter Z White. Sama-sama menggunakan tipe mesin 4 langkah. Sama-sama 4 valve, SOHC, dan bahkan sama-sama memiliki pendingin cairan dengan kapasitas 135 cc. Spesifikasi mesin yang digunkan Jupiter MX baru dapat menghasilkan tenaga mencapai 12, 52 Ps pada putaran 8.500 rpm plus torsi puncak dapat mencapai 12, 14 Nm di 6.000 rpm.

Maka wajar, jika Jupiter MX baru kerap disebut-sebut sebagai sepeda motor jenis bebek super milik Yamaha. Apalagi memiliki cylinder dan forger piston sehingga kemampuannya tak diragukan lagi. Plus, ketahanan (durabilitas) yang dimiliki Jupiter MX baru memang tinggi. Untuk membuktikannya, Yamahan Pan ASEAN Touring telah melakukan ujicoba terhadap Jupiter MX baru ini sejauh 15.000 km di berbagai negara, dengan beragam kondisi dan cuaca.
Cara Merawat Jupiter MX Baru

Jupiter MX baru memang didesian dengan inovasi baru. Namun perawatannya tetap perlu untuk diperhatikan. Kini, kita akan coba berbicara cara perawatan Jupiter MX baru biar tetap nyaman dipakai, plus tidak menyebalkan. Jika anda memiiki Jupiter MX baru ada 9 hal yang mesti Anda perhatikan.
1. Ganti Oli Secara Priodik

Oli menjadi bagian vital dari Jupiter MX baru. Jika Olinya kotor, maka bisa merusak perenannya sebagai pelumas komponen-komponen mesin seperti setang saher, satang klep, noken as dan lain-lain. Ciri-ciri oli Jupiter MX baru mesti diganti, apabila warnanya sudah kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya sudah terasa berkurang. Maka cara terbaik adalah ganti oli secara priodik berdasarkan rujukan dari pubriknya.
2. Kondisi Aki Mesti Selalu di Cek

Aki atau air accu memiliki peran penting juga bagi Jupiter MX baru. Jangan sampai komponen dinamo, kontak mesin atau switch lampu rusak akibat aki yang tidak sempurna. Makanya, pengecekan terhadap kondisi aki menjadi penting untuk perawatan aki Jupiter MX baru. Dalam perawatan aki Jupiter MX baru, jangan biarkan aki melawati batas maksimum dan minimum yang bisa menimbulkan dampak cepatnya terjadi kerusakan pada sel-sel aki.

Bila sudah terasa melemah akinya, segera diganti. Jangan sampai gara-gara membiarkan akinya sudah melemah, kutub positif dan kutub negatif aki mengeluarkan korosi alias serbuk putih. Jika ini terjadi, maka akan menjelar ke bagian kabel-kabel yang ada di Jupiter MX baru. Inilah yang menyebabkan rusaknya saluran lampu, dinamo dan lain-lain.

Jika starter Jupiter MX baru tidak mau hidup, salah satu penyebabnya adalah aki. Jangan paksakan untuk menstarter, cobalah dengan cara manual. Jika tidak bisa juga, jangan dicoba untuk didorong. Ini juga bisa berefek pada merusak gigi transmisi. Karena itu, bila sudah terasa aki melemah segeralah untuk diganti.
3. Rantai dan Gir Selalu Diperiksa

Jupiter MX baru memang asyik dibuat balapan, karena itu kondisi rantai dan gir-nya mesti selalu diperhatikan. Jangan sampai rantai Jupiter MX baru Anda kendor atau kekencangan. Jika kekencangan berefek pada bisa-bisa saat Anda sedang balapan rantainya putus, ini bisa menimbulkan efek yang lebih berbahaya lagi. Jika kekendoran juga memiliki efek bisa-bisa rantai lepas dari Girnya.

Karena itu, penting Anda selalu memperhatikan kondisi rantainya.Selain itu, dengan selalu memeriksa kondisi rantai dan gir akan bisa menghemat BBM. Jika rantai kendur akan berefek pada putaran ban menjadi berat sehingga memerlukan tenaga yang lebih besar untuk mendorongnya, maka bensin otomatis menjadi boros.
4. Perhatikan Tekanan Ban

Tekanan Ban Jupiter MX baru Anda mesti selalu diperhatikan. Jangan sampai kelebihan angin atau kekurangan angin. Kondisi angin ban memberikan dampak pada BBM juga. jika ban Jupiter MX baru kondisi kurang angin, maka akan membuthkan tenaga lebih besar untuk mendorongnya, tentu saja ingi membuat bensin menjadi boros. Karena itu pastikan kondisi tekanan ban Jupiter MX baru Anda dengan baik.
5. Selalu Cek Kaliper Rem

Perhatian pada keliper rem Jupiter MX baru penting dilakukan ketika musim hujan. Karena biasanya saat musim hujan, debu banyak menempel di kaliper rem. Karena itu, penting untuk selalu dibersihkan agar tidak macet. Cara membersihkannya:

Keliper dan kampas rem dilepaska terlebih dahulu.

Lalu tuas rem ditekan agar piston dapat keluar sedikit sekitar 5mm.

Cucilah dengan menggunakan air sabun dengan sikat. Lebih bagus lagi, jika menggunakan sikat gigi.

Jika tampak sudah bersih, keringkanlah dengan lap.

Lalu masukkanlah piston kaliper rem dengan didorong menggunakan ujung tumpul obeng, lalukan dengan pelan-pelan.

6. Perhatikan Selalu Selang Bensin

Selang bensing Jupiter MX baru memang harus selalu diperhatikan. Jika ini tidak perhatikan efek juga luar biasa. jika kondisi selang bensin mengeras atau terjadi retak-retakan, maka selang bisa menjadi tidak elastis lagi hingga mengakibatkan serbuk kotoran yang terdapat diselang bisa masuk ke karburator. Jika ini sudah terjadi, maka suplain bensi dari tangki ke karburator menjadi terhambat. Kalau sudah ini terjadi, sistem pembakaran dipastikan terganggu.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright ©. Kumpulan Gambar Menarik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger