Scooter Motor Klasik Yang Inovative

12/07/12 | comments (1)

Scooter dilihat sejenak ke masa lalu, scooter motor matik Klasik Yang Inovative ini merupakan sebuah alat transportasi yang disebut-sebut sebagai generasi awal motor jenis ini yakni Motoped diketahui diproduksi pada tahun 1915. Pada tahun-tahun berikutnya, mulailah diproduksi Autoped di New York.

MINI Scooter E Concept.jpg

Selanjutnya Jenis Scooter Motor Klasik Yang Inovative jumlah dan variannya banyak bermunculan setelah perang dunia I. Namun sayang, generasi-generasi awal scooter ini harus berakhir pada pertengahan tahun 1920 akibat mesin yang tidak stabil dan harga yang relatif tinggi sehingga tidak mampu bersaing di pasaran.

Nah, pada generasi yang ketiga barulah muncul Vespa. Tak lama kemudian hadirlah pesaingnya yakni Lambretta. Sesudah perang dunia II, Vespa menjadi model standar untuk motor jenis ini dan bertahan hingga lebih dari 60 tahun.
Scooter dan Vespa

scooter.jpg

Membicarakan scooter memang tidak bisa dilepaskan dari nama Vespa. Sebelum muncul varian-varian baru akhir-akhir ini, motor jenis ini identik dengan Vespa. Menyebut scooter, maka yang terbayang adalah sebuah Vespa. Mengapa demikian? Hal ini cukup beralasan memang, sebab Vespa merupakan salah satu merek motor jenis ini yang pertama kali populer dan mendunia. Perusahaan induk dari Vespa adalah Piaggio.

Merek asal Italia ini muncul setelah perang dunia kedua untuk menyediakan alat transportasi yang ringan mulai dari 50 cc hingga 250 cc. Scooter selanjutnya semakin diminati karena memiliki harga yang relatif murah dan lebih nyaman diparkir bila dibandingkan dengan mobil. Kala itu, Vespa memiliki pesaing yang cukup berat yakni Lambretta.

vespa 1966.jpg

Begitu populernya Vespa, meskipun varian-varian baru telah bermunculan namun sampai saat ini pun masih banyak penggemar Vespa yang masih setia dengan desain yang klasik. Tak hanya menyukai bentuknya saja, tetapi konstruksi mesin juga menjadi faktor penting yang membuat para penyukanya tetap setia pada Vespa.

Para penggemar Vespa ini membentuk komunitas-komunitas untuk menunjukkan keberadaan dan keunikan motor yang mereka gandrungi. Tak hanya komunitas, muncul pula bengkel-bengkel yang menawarkan jasa pengecatan dan modifikasi mesin untuk scooter tua yang tak ingin dimuseumkan.

1949 mv agusta scooter.jpg

Pangsa pasar yang tak pernah mati ini pula yang tampaknya membuat Piaggio meluncurkan tiga tipe Vespa klasik belum lama ini. Bekerjasama dengan pabrikan Vietnam, Piaggio menawarkan tiga tipe Vespa yakni Vespa LX 125, Vespa LX 150ie dan Vespa S yang lebih sporty.
Popularitas Scooter

Sejak munculnya generasi ketiga, alat transportasi ini semakin populer di berbagai dunia seperti Eropa, Jepang, Taiwan, India, Vietnam, Cina dan beberapa negara lainnya termasuk Indonesia. Scooter populer di negara-negara yang sedang berkembang dan di negara-negara yang memiliki tingkat kepadatan lalu lintas tinggi dengan area parkir yang terbatas.

classic sidecar scooter.JPG

Scooter juga menjadi populer karena mudah dikemudikan, efisien bahan bakar dan memiliki ruang penyimpanan barang yang lebih luas bila dibandingkan dengan alat transportasi motor lainnya. Di beberapa negara, motor jenis ini juga hanya mendapatkan sedikit batasan karena dianggap sekelas dengan moped atau kendaraan bermotor berukuran kecil. Di tahun 1960-an, motor jenis ini menjadi pilihan kendaraan yang praktis dan terjangkau untuk kalangan remaja.

Seiring dengan popularitasnya yang terus menanjak dan meningkatnya penggunaan kendaraan bermotor, muncullah peraturan yang mengharuskan paling tidak sebuah kaca spion dipasangkan pada setiap kendaraan bermotor.

Namun uniknya, para pecinta motor ini menambahkan lebih dari satu kaca spion. Ada yang menambahkan empat buah kaca spion hingga 30 kaca spion. Agaknya inilah yang kemudian menjadi awal munculnya modifikasi kreatif pada motor jenis ini.

Pengguna motor jenis ini juga memiliki gaya sendiri ketika mengendarai kendaraan mereka. Cara mereka berpakaian, bentuk helm pengaman yang digunakan dan tambahan asesoris. Pada tahun 1950-an popularitasnya semakin terlihat dengan munculnya komunitas-komunitas penggunanya. Tak hanya berkumpul dan memamerkan motor mereka, komunitas ini juga memiliki gaya busana dan aliran musik yang khas.

Bootherstone rat scooter.jpg

Gaya hidup para pengguna motor jenis ini disebut gaya mod yang berasal dari kata Moderates. Mereka biasanya muncul dengan padu padan topi pet, jas rapi, parka, suspender dan beberapa padu padan lainnya.

Di Indonesia sendiri, hingga saat ini komunitas-komunitas penggunanya acapkali melakukan kegiatan-kegiatan bersama. Misalnya saja komunitas mod dari Bandung yang baru-baru ini menyelenggarakan “Indonesia Mods Mayday 2012”.
Tips Merawat Scooter

Perawatan motor jenis ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perawatan kendaan bermotor pada umumnya. Namun untuk beberapa jenis lama tentu dibutuhkan perlakuan khusus. Berikut ini beberapa tips perawatan yang bisa digunakan.
Tips Merawat - Pilih Bensin dengan Oktan Tinggi

1960 Lambretta.JPG

Bahan bakar bensin dengan oktan tinggi memang memiliki harga yang lebih mahal, misalnya Pertamax atau Pertamax Plus. Tetapi bensin jenis ini tidak meninggalkan terlampau banyak sisa-sisa pembakaran pada komponen-komponen pembakaran. Sebaliknya bensin dengan kadar oktan yang rendah akan meninggalkan sisa-sisa pembakaran yang cukup banyak pada komponen-komponen pembakaran yang dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen tersebut.
Tips Merawat - Perawatan aki

Hindari kehabisan aki. Sebaiknya cek ketersediaan air aki secara berkala sehingga air aki tidak sampai habis total. Sebab air aki yang habis total bisa menyebabkan terjadinya konslet kabel. Selain mengecek ketersediaan air aki, jaga pula kebersihan kepada aki. Bersihkan kepala aki secara rutin dengan menggunakan kuas yang telah dibasahi air panas.

Tips Merawat - Membersihkan Busi

Busi pada scooter bermerek Vespa adalah komponen yang paling vital. Komponen yang satu ini sering diselimuti dengan sisa-sisa pembakaran. Terlebih bila bahan bakar bensin yang digunakan adalah bensin dengan kadar oktan rendah. Sisa-sisa pembakaran yang cukup tebal akan menutup busi. Untuk itu, sisa-sisa pembakaran pada busi harus dibersihkan secara teratur.

Buka busi dan bersihkan dengan menggunakan kuas dan kerosin atau bensin. Bisa juga dengan cara membersihkan dengan menggunakan sikat besi. Pastikan kondisi busi beggnar-benar dalam keadaan dingin saat dibersihkan. Sebab membersihkan busi dalam keadaan panas hanya akan memperpendek usia busi.

scooter-1.jpeg

Sedangkan untuk bagian dalamnya, pakailah tiga atau lima kawat baja. Kawat baja ini bisa diperoleh dari tali kopling yang sudah tidak terpakai. Kemudian isilah lubang isolator dengan bensin atau kerosin. Lantas korek bagian dalam dalam busi tersebut dengan kawat. Buang bensin atau kerosin dalam lubang isolator bila sudah tampak kotor. Ulangi lagi dengan mengisi bensin atau kerosin ke dalam lubang dan korek lagi hingga bersih.
Tips Merawat - Mencegah Busi Mati

Begitu vitalnya fungsi busi pada scooter, maka komponen yang satu ini mesti dijaga dengan seksama agar tidak sampai mati. Nah, agar busi tidak sampai mati perhatikan kualitas oli samping yang digunakan, pilih bensin yang berkualitas, pastikan platina atau CDI dan coil kuat, serta pastikan listrik yang dihasilkan spul tidak terlalu kecil.
Share this article :

+ comments + 1 comments

13 Mei 2014 18.50

ijin copas gan,...

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright ©. Kumpulan Gambar Menarik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger